peran pengawas sekolah/madrasah dalam kurikulum merdeka

 peran pengawas sekolah/madrasah dalam kurikulum merdeka

Pengawas sekolah/madrasah memainkan peran penting dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan di Indonesia. Sebagai pengawas, mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan di sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka merupakan sebuah konsep kurikulum yang menekankan pada pemberdayaan peserta didik untuk menjadi individu yang mandiri, kreatif, dan berpikiran kritis. Konsep ini menekankan pada pengembangan kompetensi-kompetensi yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Dalam Kurikulum Merdeka, pendidikan tidak lagi hanya dianggap sebagai proses transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga proses pengembangan karakter dan keterampilan peserta didik.

Berikut adalah beberapa peran pengawas sekolah/madrasah dalam mendukung Kurikulum Merdeka:

  1. Memastikan implementasi kurikulum yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka Pengawas sekolah/madrasah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kurikulum yang diterapkan di sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Mereka harus memahami prinsip-prinsip ini dengan baik dan dapat memberikan panduan serta dukungan kepada kepala sekolah/madrasah dalam mengimplementasikannya.

  2. Memfasilitasi pengembangan kompetensi guru Pengawas sekolah/madrasah juga bertanggung jawab untuk memfasilitasi pengembangan kompetensi guru dalam mendukung Kurikulum Merdeka. Mereka dapat memberikan pelatihan dan bimbingan kepada guru-guru tentang konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka, sehingga guru-guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip ini.

  3. Mengevaluasi implementasi kurikulum Pengawas sekolah/madrasah harus melakukan evaluasi terhadap implementasi kurikulum yang sudah diterapkan di sekolah/madrasah. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai sejauh mana kurikulum yang diterapkan sudah sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan yang perlu dilakukan.

  4. Mendorong kolaborasi dengan pihak lain Pengawas sekolah/madrasah juga dapat mendorong kolaborasi dengan pihak lain seperti perusahaan atau organisasi masyarakat untuk membantu pengembangan kompetensi peserta didik dalam rangka mendukung Kurikulum Merdeka. Mereka juga dapat membantu memperluas jaringan sekolah/madrasah dengan masyarakat dan pihak lain yang relevan.

Dalam rangka mendukung implementasi Kurikulum Merdeka, pengawas sekolah/madrasah harus memiliki pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsipnya. Mereka harus mampu memberikan panduan dan dukungan kepada kepala sekolah/madrasah dan guru-guru dalam mengimplementasikan kurikulum yang sesuai dengan prinsip-prinsip ini. Selain itu, pengawas

Oleh: Shalehoddin hasan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurikulum merdeka

peresmian TK Islam Al-Munqidz

Kuliah Tatap Muka..?